Rabu, 10 September 2008

Pengakuan Iman (1)
[Ps no 1 hal 1]Syahadat Para Rasul
Aku percaya akan Allah,
Bapa yang mahakuasa,
Pencipta langit dan bumi;
Dan akan Yesus Kristus,
Putra-Nya yang tunggal, Tuhan kita,
Yang dikandung dari Roh Kudus,
Dilahirkan oleh Perawan Maria;
Yang menderita sengsaraDalam pemerintahan Pontius PilatusDisalibkan, wafat, dan dimakamkan;
yang turun ke tempat penantianpada hari ketiga bangkit dari antara orang mati;
yang naik ke surga,
duduk disebelah kanan Allah Bapayang mahakuasa;
dari situ Ia akan datang mengadili orang yang hidup dan yang mati.
Aku percaya akan Roh Kudus,
Gereja katolik yang kudus,
persekutuan para kudus,
pengampunan dosa,
kebangkitan badan,
kehidup kekal.
Amin.


Pengakuan Iman (2)
[Ps no 2 hal 2]
Hasil Konsili Nikea Konstantinopel
Aku percaya akan satu Allah,
Bapa yang mahakuasa,pencipta langit dan bumi,
dan segala sesuatu yang kelihatandan tak kelihatan;
dan akan satu Tuhan Yesus Kristus,Putra Allah yang tunggal.
Ia lahir dari Bapa sebelum segala abad,
Allah dari Allah,
Terang dari Terang,
Allah benar dari Allah benar.
Ia dilahirkan, bukan dijadikan,sehakikat dengan Bapa;
segala sesuatu dijadikan oleh-Nya.
Ia turun dari surga untuk kita manusiadan untuk keselamatan kita.I
a dikandung dari Roh Kudus,
Dilahirkan oleh Perawan Maria,
dan menjadi manusia.
Ia pun disalibkan untuk kita,
waktu Pontius Pilatus;
Ia menderita sampai wafat dan dimakamkan.
Pada hari ketiga Ia bangkit menurut Kitab Suci.
Ia naik ke surga,
duduk di sisi Bapa.
Ia akan kembali dengan mulia,
mengadili orang yang hidup dan yang mati;
kerajaan-Nya takkan berakhir.
aku percaya akan Roh Kudus,
Ia Tuhan yang menghidupkan;
Ia berasal dari Bapa dan Putra,
disembah dan dimuliakan;
Ia bersabda dengan perantaraan para nabi.
aku percaya akan Gereja yang satu,
kudus, katolik
dan apostolic.
aku mengakui satu pembaptisanakan penghapusan dosa.
aku menantikan kebangkitan orang matidan hidup di akhirat.
Berdoalah selalu dan monlah kepada yang telah memberi kehidupan,
kita semua milik Nya maka telah tiba waktunya pikirkan dan doakan sesama mu.

Tidak ada komentar: